Latar Belakang Kitab Yosua (Renungan Harian)


oleh: Penginjil Toni Antonius
A.    Penulis
Tradisi Yahudi mengatakan bahwa Yosua merupakan penulis kitab ini. Epilog yang ada pada bagian terakhir (24: 19-23) ditambahkan oleh seseorang sesudahnya.
Yosua merupakan keturunan Yusuf dari suku Efraim (1 Taw. 7: 20-27). Kakeknya, Elisama, merupakan pemimpin dari suku Efraim. Yosua merupakan asisten Musa yang setia (Kel. 33: 11). Dia memiliki Roh Tuhan di dalam hatinya (Bil. 27: 18-23). Dia juga merupakan seorang pahlawan yang gagah berani. Suatu ketika dia memimpin pasukan dalam mengalahkan orang Amalek (Kel. 17: 13). Ketika Harun membawa bangsa Israel untuk menyembah patung anak lembu emas, Yosua merupakan satu-satunya orang yang ada di gunung menunggu Musa (Kel. 24: 13). Dia juga merupakan mata-mata yang memiliki iman yang baik (Bil. 14: 6-9). Nama asli Yosua adalah “Hosea”. Musa menggantinya menjadi Yosua yang berarti “Allah yang benar adalah penebus”. Hal tersebut menggambarkan Kristus adalah penebus.
1.      Dia memimpin bangsa Israel masuk ke Kanan. Hal ini menggambarkan bahwa Kristus akan memimpin orang percaya untuk masuk ke perhentian rohani (Rm. 8: 37; 2 Kor. 1: 10; 2: 14; Ibr. 4: 8-10).
2.      Dia memohonkan untuk bangsa Israel. Hal ini menggambarkan bahwa Kristus merupakan perantara, memohonkan untuk dosa kita (Yos. 7: 5-9; 1 Yoh. 2: 1)
3.      Dia membagikan tanah Kanaan untuk bangsa Israel. Hal ini menggambarkan Kristus memberikan kepemilikan rohani (Ef. 1: 11-14)
B.     Susunan Kitab Yosua
Yosua adalah kitab tentang pergerakan, kampanye-kampanye penaklukkan dan kemenangan-kemenangan. Kita melihat Israel maju terus, menang selalu dan menduduki Kanaan. Kisah tentang pergerakan dan kemenangan Israel terdiri atas 3 tingkatan:
1.      Memasuki Kanaan (Psl. 1-5)
2.      Menaklukkan Kanaan (Psl. 6-12)
3.      Menduduki Kanaan (Psl. 13-24)
C.     Tema
Tema dari kitab Yosua “Kemenangan Iman”
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 419 other followers

%d bloggers like this: