Ada Tertulis (Renungan Harian)

Rabu, 25 Januari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Lukas 4

Dalam Lukas 4:1-13 kita melihat sebuah peristiwa yang sudah sering dibicarakan yaitu mengenai Yesus dicobai oleh Iblis. Ketika melihat apa yang dikatakan oleh Yesus pada waktu itu, ada satu hal yang menarik perhatian saya yaitu Yesus selalu menjawab godaan Iblis dengan awalnya mengatakan “Ada tertulis” atau “Ada firman” (ayat 4, 8, 12). Perkataan ini juga ternyata dipakai oleh Iblis untuk menjadi alasan dalam menggoda Yesus (ayat 10).

Perkataan “ada tertulis” atau “ada firman” ini ternyata kalau kita teliti kembali mengarah kepada firman-firman Tuhan yang tercatat dalam Perjanjian Lama. Dari hal ini kita bisa mempelajari beberapa hal:

Yesus yang pada waktu itu penuh dengan Roh Kudus menjawab godaan dari Iblis dengan selalu bersumber dari firman Tuhan.

Ada 3 jenis godaan iblis yaitu keinginan daging, keinginan mata, keangkuhan hidup (ayat 4, 6, 9; bandingkan 1 Yoh 2:16). Ketiga hal ini merupakah panah dari si jahat yang begitu ampuh untuk menggoda manusia jatuh dalam dosa. Kain membunuh Habel karena cemburu (keangkuhan hidup), Daud berzinah dengan Batsyeba karena keinginan mata dan keinginan daging, Yudas menjual Yesus karena 30 keping perak (keinginan daging).

Yesus selalu menjawab ke-3 godaan iblis dengan berdasar pada firman Tuhan.
Dalam hidup kita banyak pengetahuan dan hikmat yang bisa kita peroleh. Selain itu sebagai orang Kristen kita juga harus senantiasa menghadapi berbagai cobaan dari Iblis yang berusaha menjatuhkan kita. Untuk menangkis dan membalas serangan Iblis kita memerlukan perisai iman dan pedang Roh, yaitu firman Allah (Ef. 6:16-17). Tentu saja seorang prajurit untuk terampil menggunakan perisai dan pedang diperlukan pengenalan dan latihan-latihan dalam menggunakan kedua benda tersebut. Demikian juga kita sebagai prajurit rohani Kristus sangatlah penting untuk mengenal dan melatih perisai iman mau pun pedang Roh dengan baik.

Iblis juga menggunakan “ada tertulis”

Dalam film-film yang beredar, banyak diperlihatkan bahwa orang yang kerasukan setan atau setan itu sendiri menjadi ketakutan ketika melihat salib, Alkitab, hal-hal yang berbau rohani. Hal ini tanpa sadar menjebak kita dalam berpikir mengenai Iblis. Iblis merupakan pribadi yang mengenal dengan benar akan firman Tuhan. Pada waktu dia mencobai Yesus, dia menggunakan firman Tuhan. Pada waktu pemberitaan Injil, gangguan dari Iblis berupa dukungan dari luar. Contoh: ketika Yesus ada di rumah ibadah di Kapernaum, ada orang kerasukan yang mengatakan bahwa Yesus merupakan “Yang Kudus dari Allah” (Mrk. 1:23-24), waktu Paulus memberitakan Injil ada perempuan petenung yang kelihatannya membantu Paulus tapi sebenarnya dia mengganggu Paulus (Kis. 16:16-18).

Pada saat sekarang, Iblis bukan lagi bertindak dengan menentang firman Tuhan tapi berusaha membelokkan firman Tuhan sehingga mungkin tanpa sadar kita merasa mengikuti firman Tuhan, menjadi orang Kristen yang baik, padahal sebenarnya kita mengikuti Injil lain yang dibelokkan.

Paulus telah memperingatkan hal tersebut ketika berpesan kepada para penatua gereja Efesus “Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikuti mereka.” (Kis. 20:29-30).

Bahaya akan penyusupan Iblis ke dalam gereja inilah yang harus lebih kita waspadai. Penyusupan iblis bukan hanya dalam bentuk orang kerasukan tapi yang lebih membahayakan ketika Iblis menyusup dalam hati dan mengarahkan kita untuk mengambil keputusan berbuat dosa seperti yang dia perbuat kepada Yudas.

“Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.” (1 Tim. 4: 16). 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: