Adakah Tempat Bagi Yesus? (Renungan Harian)

Senin, 23 Januari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Lukas 2

“Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.”
Lukas 2:6-7

Pada waktu itu, Yusuf bersama dengan Maria mengadakan perjalanan ke Betlehem karena Kaisar Agustus memerintahkan diadakan sensus di tiap-tiap daerah. Waktu mereka tiba di Betlehem, Yesus terlahir dan pada waktu itu yang menarik dikatakan “tidak ada tempat bagi mereka di penginapan” sehingga Yesus terlahir di kandang dengan sebuah kesederhanaan (bahkan bisa dikatakan kekurangan).

Pada renungan kemarin saya mengajak saudara-saudari seiman untuk menetapkan hati, memberikan sebuah usaha, dan memenuhi impian kita dalam bekerja bagi Tuhan. Satu hal yang terutama perlu kita ingat dan terus kita pertanyakan dalam hati untuk mengecek pekerjaan kita, “Adakah Tempat bagi Yesus?”.

Apakah dalam pekerjaan pelayanan kita kepada Tuhan seperti Marta, berjalan kesana kemari begitu sibuk mempersiapkan segalanya, karena berpikir bahwa ini pasti disukai Tuhan, diperlukan Tuhan, atau kita bertindak seperti Maria yang duduk dengan tenang di kaki Yesus untuk mendengarkan apa yang Yesus katakan? (Lukas 10:39-42)

Ada banyak hal yang kita kerjakan bagi Tuhan dan gereja-Nya dalam pelayanan kita. Kita melayani dalam kebaktian rutin, kita ambil bagian dalam panitia kegiatan, kita menjadi pengurus cabang dari gereja. Kadang kesibukan kita dalam pelayanan membuat kita hanya berfokus pada rupa luar pekerjaan pelayanan tersebut dan melupakan hal yang terpenting yaitu “mendengarkan Tuhan dan menyediakan tempat bagi Tuhan untuk menyatakan kuasa-Nya.”

Sebenarnya kamu harus berkata:”Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.”
Yakobus 4:15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: