Alasan Bersukacita (Renungan Harian)

 Rabu, 1 Februari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Lukas 10

“Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga.”
Lukas 10: 20

Ketujuh puluh murid-murid yang diutus Yesus memiliki kuasa dalam menyembuhkan penyakit, mengusir roh-roh jahat, dll. Ketika mereka kembali, mereka menceritakan semua yang mereka lakukan dengan penuh sukacita. (ayat 17-18). Kekristenan pada saat sekarang ini semakin berkembang dengan pesat. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya gereja yang berdiri, semakin banyaknya acara-acara bernuansa kristen di stasiun-stasiun televisi. Dalam stasiun-stasiun televisi banyak ditayangkan mengenai kesaksian-kesaksian yang dialami oleh beberapa orang. Ada yang disembuhkan dari penyakit, dari tadinya lumpuh menjadi bisa berdiri bahkan berjalan. Banyak jemaat yang bertanya kepada saya, apakah yang ditayangkan di televisi itu benar-benar terjadi atau tidak?

Ketika diajukan pertanyaan seperti itu oleh jemaat, maka jawaban saya adalah “saya tidak tahu. Bisa saja itu sungguh-sungguh terjadi, tapi bisa juga merupakan rekayasa.” Tuhan tidak membatasi kuasa-Nya hanya di Gereja Yesus Sejati saja. Terbukti di Lukas 9: 49-50 ada orang yang bukan merupakan murid Yesus mampu mengusir setan dengan kuasa nama Yesus. Dengan banyaknya mujizat-mujizat yang didengung-dengungkan, kadang tanpa sadar kita dibelokkan dari kebenaran Alkitab. Satu hal yang perlu kita ingat “Gereja yang memiliki mujizat belum tentu gereja yang benar, tapi gereja yang benar pasti memiliki tanda mujizat.” Kita tidak perlu bertanya apakah mujizat kejadian itu benar atau rekayasa, yang perlu kita tanyakan apakah kita tercatat atau tidak dalam Kitab Kehidupan.

Dalam Injil Matius dituliskan bahwa orang-orang yang mengadakan tanda mujizat, mengusir setan dalam nama Yesus, bernubuat demi nama Yesus belum tentu namanya tercatat dalam Kerajaan Sorga (Mat. 7:22-23). Yang terpenting bukanlah tanda mujizat tapi yang terpenting adalah apakah nama kita tercatat dalam Kerajaan Sorga atau tidak. Untuk bisa tercatat tentu sesuai dengan apa yang dikatakan Yesus yaitu termasuk dalam golongan “dia yang melakukan kehendak Bapa di Sorga” (Mat. 7:21). Marilah kita berusaha menjadi orang yang tercatat dalam Kerajaan Sorga dan otomatis mujizat dan kuasa akan diberikan kepada kita. “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun yang mematikan, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” (Mark. 16:17-18).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: