Kecil Tapi Diperkenan (Renungan Harian)

Jumat, 3 Februari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Lukas 12
“Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.”
 Lukas 12: 32

Ketika membaca Lukas 12 saya tertarik dengan apa yang dikatakan oleh Yesus. Dia memberikan sebuah perintah untuk mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, dan kemudian Dia memberikan sebuah penghiburan bahwa Bapa telah berkenan kepada mereka untuk memberikan Kerajaan tersebut. Yang terngiang-ngiang di benak saya adalah siapakah yang dimaksud oleh-Nya dengan “kawanan kecil”?

Pada waktu itu, Dia berbicara kepada murid-murid-Nya (ayat 22). Orang-orang yang mengikuti untuk menjadi murid Yesus pada waktu itu tidaklah banyak. Bahkan diantara murid-murid Yesus sendiri masih ada yang belum berani menyatakan terang-terangan bahwa dia mengikuti Yesus (Yoh. 12:42).

Kita bisa katakan bahwa “kawanan kecil” tersebut maksudnya adalah diri kita. Ketika kita bandingkan orang-orang yang memeluk agama Kristen dengan masyarakat dunia, maka jumlah kita tidaklah besar. Ketika kita khususkan lagi perbandingan antara jumlah jemaat Gereja Yesus Sejati dengan Kristen secara umum, kita merupakan kawanan kecil. Yesus memberikan satu kepastian kepada kita bahwa walaupun jumlah kita kecil dibanding yang lainnya, tidak perlu kita berkecil hati karena kita telah diperkenan Tuhan, kita diberikan satu kepercayaan untuk memegang Kunci Kerajaan Sorga, dan Kerajaan Sorga dan kebenarannya diberikan kepada kita.

Yang kedua yang saya pelajari dari ayat 32 tersebut bahwa Tuhan memberikan kepada kita Kerajaan Sorga bukan karena jumlah kita, penampilan atau yang lainnya, tapi karena Dia berkenan memberikannya kepada kita. Sungguh suatu anugerah yang begitu besar ketika saya merenungkan ayat ini. Dan hal ini mendorong saya semakin berusaha memberikan yang terbaik untuk Tuhan. Untuk menyatakan rasa terima kasih kita marilah kita memiliki semangat seperti Paulus yang mengatakan “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena aku pun telah ditangkap oleh Kristus Yesus.” (Filipi 3:12). Kita terus mengejar Kerajaan Sorga dan kebenarannya sehingga pengetahuan kita akan Yesus Kristus semakin bertambah. Tentu saja dengan bertambahnya pengenalan kita akan Tuhan, maka bertambah pula tanggung jawab yang harus kita pegang seperti apa yang dikatakan dalam ayat 47-48. Teruslah berusaha dan jangan pernah merasa puas dalam mengejar Kerajaan Sorga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: