Kesempatan Untuk Bersaksi (Renungan Harian)

Selasa, 14 Februari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Lukas 21

“Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi”
Lukas 21:13

Pada waktu murid Yesus menanyakan kapan dan apa tandanya ketika hal itu terjadi, perkataan di atas disampaikan oleh Yesus. Yang dimaksud dengan hal itu adalah hari dimana Bait Allah diruntuhkan (ayat 6). Bait Allah di Yerusalem diruntuhkan pada tahun 70 oleh tentara Romawi yang dipimpin oleh Jendral Titus. Pada waktu itu korban yang jatuh diperkirakan sampai satu juta jiwa.

Akan tetapi kalau kita melihat perbincangan tersebut di Injil Matius 24:3-14, Mereka bukan hanya membicarakan mengenai kehancuran Bait Allah di Yerusalem. Yesus memberitahukan tanda-tanda mengenai kehancuran dari dunia.  Ada banyak hal yang akan terjadi, di antaranya:

  • Ada orang yang mengakui diri sebagai Mesias (ayat 8)
    Kalau kita melihat saat sekarang ini semakin banyak orang datang dengan memakai nama Tuhan. Mereka mengaku diutus oleh Tuhan, mendengar suara Tuhan, bertindak dengan memakai nama Tuhan. Bahkan yang lebih parah lagi ada yang mengaku sebagai Tuhan Yesus sendiri. Contohnya di Siberia ada seorang polisi lalu lintas yang mengaku bahwa dia adalah titisan dari Yesus. Tahun 2009 dia memiliki lima ribu orang pengikut. Ketika saya mencari berapa banyak orang yang mengaku sebagai Yesus saya menemukan satu web yang mencantumkan kira-kira 28 orang mengaku sebagai Yesus sejak abad 19-20.Menganai Mesias palsu ini, Yesus telah memperingatkan supaya mereka tidak percaya karena kedatangan Yesus yang kedua adalah dalam kemuliaan-Nya untuk membawa umat pilihan ke tempat-Nya (Luk. 21:27; Yoh. 14:3).
  • Terjadi bencana dimana-mana (ayat 9-11a)
    Terjadi peperangan dan pemberontakan, terjadi bencana alam (gempa bumi yang dahsyat), penyakit sampar dan kelaparan dimana-mana.
  • Terjadi hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit (ayat 11b, 25-26)
    Perubahan sifat matahari dan benda-benda langit lainnya, perubahan keadaan di bumi (iklim, cuaca).
  • Penganiayaan orang-orang percaya (ayat 12-19)
    Yang menarik adalah Yesus mengatakan bahwa saat ini (saat penganiayaan terjadi) adalah kesempatan bagi orang percaya untuk memberikan kesaksian (ayat 13). Tuhan Yesus juga memberikan sebuah kepastian bahwa Roh Kudus akan memberikan kekuatan dan hikmat untuk mempertahankan diri. Bahwa walaupun terjadi penganiayaan tapi semuanya akan tetap ada dalam kendali dari Tuhan (ayat 18).

“Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.” Perkataan ini disampaikan oleh Yesus untuk mengingatkan kita supaya kita tetap bertahan dalam masalah-masalah yang akan dihadapi menjelang berakhirnya dunia ini.

“Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.”
2 Timotius 4:2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: