Baik Tidak Cukup (Renungan Harian)

Rabu, 29 Februari 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Kisah Para Rasul 10

“Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau. Dan sekarang, suruhlah beberapa orang ke Yope untuk menjemput seorang yang bernama Simon dan yang disebut Petrus.” Kisah Para Rasul 10:4b-5

Beberapa waktu yang lalu seorang rekan kerja meminta saya untuk membagikan angket mengenai iman kepercayaan kita. Yang menarik buat saya adalah pertanyaan pertama “Setujukah saudara bahwa keselamatan bisa didapatkan tanpa perlu menjadi Kristen?”. Dari 32 jemaat yang mengisi, 9 orang mengatakan setuju. Secara kasar berarti sekitar 27% mengatakan bahwa keselamatan bisa didapatkan tanpa harus menerima Yesus sebagai juru selamat. Selama ini banyak orang bertanya, apakah keselamatan hanya diberikan kepada orang Kristen? Apakah mungkin keselamatan hanya diberikan melalui Gereja Yesus Sejati? Apakah orang-orang yang diluar Kristen yang berbuat baik tidak akan selamat? Kiranya kisah mengenai Kornelius ini bisa menjadi sebuah perenungan bagi kita.
Kornelius merupakan seorang perwira pasukan Italia. Dari jabatannya dan dari apa yang dikatakan Petrus maka bisa dilihat bahwa Kornelius ini bukanlah orang Yahudi. Dia merupakan seorang yang baik, ia dan seisi rumahnya takut akan Allah, banyak memberi sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah. Bahkan malaikat Tuhan mengatakan bahwa Tuhan mengingat dirinya.
Perkataan malaikat Tuhan yang selanjutnya yang perlu kita perhatikan dan renungkan. Kenapa Tuhan memerintahkan Kornelius untuk menjemput Petrus di Yope padahal jarak antara Yope  dan Kaisarea kira-kira satu hari perjalanan? Kenapa Tuhan dengan susah payah berusaha mengubah pandangan dari Petrus (ayat 9-16)?

Ketika saya membaca Kisah Para Rasul 10 ini, saya menyimpulkan bahwa perbuatan baik saja tidak cukup untuk membawa kita kepada keselamatan. Malaikat Tuhan dengan jelas mengatakan bahwa sedekah dan doa dari Kornelius diterima dan bahkan doa Kornelius didengarkan Tuhan, bukankah ini menandakan bahwa Kornelius merupakan seorang yang dikenan oleh Tuhan (ayat 35), dan Tuhan punya otoritas untuk menyelamatkannya tanpa perlu melalui percaya kepada Yesus, menerima baptisan air, menerima Roh Kudus. Akan tetapi Tuhan sampai perlu memerintahkan Kornelius untuk menjemput Petrus, mengubah pandangan Petrus karena sampai saat itu Injil belum diberitakan kepada bangsa asing supaya Kornelius mendengar kabar mengenai Yesus Kristus, menerima Roh Kudus, dan dibaptis dalam nama Yesus Kristus (ayat 36-43). Pengampunan dosa hanya diberikan melalui nama Yesus Kristus, itulah yang ditentukan oleh Tuhan (ayat 43).

Kalau kita menerapkan ke konteks yang lebih sempit lagi “Apakah keselamatan hanya diberikan kepada satu gereja, dan kita yakini itu adalah Gereja Yesus Sejati?”. Keselamatan seluruh umat manusia dari segala zaman hanya diberikan melalui Yesus Kristus (satu orang saja), kenapa tidak mungkin bahwa keselamatan juga hanya diberikan melalui satu gereja. Terlebih Paulus menambahkan bahwa gereja adalah tubuh Kristus dan tubuh Kristus hanya ada satu (Ef. 1:23;1 Kor. 12:20).
Kiranya kisah yang kita baca pada hari ini bisa membuat kita semakin mantab dengan iman kita dan berusaha untuk mengabarkan Injil Tuhan karena keselamatan hanya ada di dalam satu nama yaitu Yesus Kristus.

“Yesus adalah batu karang yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan-yaitu kamu sendiri-, namun Ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Kis. 4: 11-12).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: