Tipuan Roh Tenung (Renungan Harian)

Rabu, 7 Maret 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Kisah Para Rasul 16

Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: “Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan.”
Kisah Para Rasul 16:17

Ketika Paulus dan rombongannya sampai di Filipi, ada seorang perempuan yang memiliki roh tenung mengikuti Paulus bersama dengan rombongannya. Perempuan petenung ini merupakan seorang yang banyak melakukan tenungan dan memberikan penghasilan yang besar bagi tuan-tuannya, artinya banyak tenungannya yang terbukti. Perempuan ini mengikuti Paulus dan terus menerus berteriak mengatakan bahwa mereka datang dengan membawa jalan keselamatan. Tapi yang terjadi malah Paulus merasa terganggu dan mengusir roh tenung itu dari sang perempuan. Ketika saya membaca bagian ini saya terheran-heran dengan apa yang dilakukan oleh perempuan dengan roh tenung itu. Kenapa dia berseru-seru seakan-akan memberikan bantuan dalam pemberitaan Injil yang dilakukan Paulus? Apakah yang dilakukannya itu benar-benar dukungan pemberitaan Injil atau merupakan sebuah gangguan agar Injil tidak tersebar luas?

Kalau dibaca sekilas, seruan perempuan tersebut kelihatannya memberikan dukungan atas perjalanan Paulus, mengatakan bahwa Paulus dan rombongannya adalah hamba Allah Yang Maha Tinggi, mengatakan bahwa mereka datang membawa kabar tentang jalan kepada keselamatan. Bukankah dulu Yesus pernah mengatakan bahwa kalau Iblis menentang iblis maka akan terjadi perpecahan dalam kerajaannya. Artinya tidak mungkin roh tenung tersebut mempunyai niat membantu pengabaran Injil.
Kalau kita melihat latar belakang yang ada. Perempuan ini sudah lama ada di Filipi dan dia sudah terkenal dengan tenungannya. Dia menyerukan hal tersebut bukan untuk membantu penginjilan tapi untuk menguntungkan dirinya, karena kalau orang percaya kepada Injil, akhirnya mereka akan tetap berterima kasih dan mengagungkan perempuan tersebut. Tenungannya akan tetap diakui, dan akhirnya orang-orang walau percaya pada Yesus tapi tetap percaya pada tenungan perempuan tersebut, dan pada akhirnya pemberitaan Injil tersebut tidak ada gunanya.

Iblis begitu pandai menipu manusia. Saya pernah mendengar ada seorang kerasukan setan tapi yang dikatakannya adalah ayat-ayat dalam Alkitab. Dalam keadaaan akhir zaman ini, iblis akan semakin hebat melakukan penipuan. Dia berbuat seakan-akan menunjukkan jalan ke kesalamatan, berusaha memperoleh kepercayaan kita tapi pada satu langkah kecil dibelokkan sehingga tanpa sadar kita menempuh jalan yang salah. Hati-hatilah sebab Iblis pun bisa menyamar menjadi malaikat terang (2 Kor. 11:14).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: