Ditentukan dari Semula (Renungan Harian)

Kamis, 22 Maret 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Efesus 1

“Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.”
Efesus 1: 4-5

Puji syukur pada Tuhan Yesus bahwa kita telah sampai pada kitab ketiga dari pembacaan alkitab setiap harinya. Dalam Efesus pasal 1 ini kita bisa menemukan beberapa kali Paulus menyebutkan bahwa kita telah ditentukan sejak awal, sejak sebelum dunia diciptakan (ayat 4, 5, 11). Ketika saya membaca ayat-ayat tersebut ada beberapa kesan yang mendalam yang saya dapatkan.

Pertama, Tuhan dari sejak semula sudah tahu apa yang akan Dia perbuat terhadap manusia. Dia memiliki tujuan yang jelas dalam penciptaan-Nya. Dari sejak sebelum dunia diciptakan, Dia sudah mempunyai rencana untuk manusia, yaitu menghendaki supaya manusia kkudus dan tak bercacat di hadapan-Nya. Oleh karena hal itulah Dia menciptakan kita serupa dengan gambar dan rupa-Nya. Hal yang kedua yang saya dapatkan adalah bahwa Tuhan sudah mengetahui bahwa manusia akan melakukan pelanggaran dan jatuh ke dalam dosa. Dia sudah mempersiapkan penyelamatan melalui Yesus Kristus, karena itu dalam ayat 5 dikatakan sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya. Walaupun Dia sudah mengetahui bahwa manusia yang Dia ciptakan akan melanggar perintah-Nya, tapi Dia tetap menghargai keputusan manusia dan sudah mempersiapkan cara untuk menyelamatkan manusia dari kesalahan yang diperbuatnya. Dari dua hal yang terjadi ini saya bisa melihat betapa kasih Tuhan itu amat sangat besar dan tak terpikirkan oleh hikmat manusia. Seperti pujian yang mengatakan bahwa jika lautan menjadi tinta dan langit menjadi kertasnya, semuanya tidak akan cukup untuk menuliskan kasih Tuhan. Lautan akan kering, dan langit akan habis sebelum semua kasih Tuhan bisa tertuliskan.

Kita telah mendengarkan panggilan dan menerima penyelamatan Tuhan. Saat ini marilah kita memohonkan kepada Tuhan terus menerus supaya kita bisa memiliki pengertian tentang kemuliaan Tuhan, mengenal Tuhan dengan benar sehingga kasih Tuhan yang begitu besar kita terima tidaklah sia-sia. Semoga kita bisa melihat dengan jelas menggunakan mata rohani kita sehingga kita bisa melihat tujuan kita yang sebenarnya dan tidak teralihkan oleh gemerlap dunia yang dikejar oleh orang-orang yang menolak panggilan-Nya. Walaupun kasih Tuhan tidak akan bisa kita balas tapi setidaknya kita bisa berusaha melakukannya dengan cara menjaga rahasia yang begitu indah yang telah dia percayakan kepada kita sampai kita berkumpul lagi bersama Tuhan dan menerima penebusan yang menjadikan kita milik Allah untuk selama-lamanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: