Ketidakadilan di Pengadilan (Renungan Harian)

Minggu, 18 Maret 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Kisah Para Rasul 25

Tetapi Festus yang hendak mengambil hati orang Yahudi, menjawab Paulus, katanya:”Apakah engkau bersedia pergi ke Yerusalem, supaya engkau dihakimi di sana di hadapanku tentang perkara ini?”
Kisah Para Rasul 25:9

Paulus pada waktu itu ditahan di Kaisarea, Festus menjadi wali negeri. Pada saat Festus berkunjung ke Yerusalem, para imam dan ahli taurat mengajukan permintaan kiranya Paulus dibawa ke Yerusalem. Mereka meminta hal tersebut karena sudah ada rencana untuk membunuh Paulus di tengah jalan (ayat 1-3). Festus pada waktu itu tidak menyetujui permintaan dari para imam dan ahli taurat. (Ayat 4-5). Akan tetapi ternyata pendirian dari Festus berubah dalam hitungan hari karena dia ingin mengambil hati orang Yahudi, menyarankan Paulus untuk membela dirinya di Yerusalem (ayat 9-11).
Festus sebagai seorang wali negeri yang harusnya memimpin dengan adil, tapi dia memiliki suatu agenda sendiri. Karena ingin mengambil hati maka di tempat dimana seharusnya keadilan ditegakkan malah terjadi ketidakadilan.

Keadilan merupakan satu sifat dr Tuhan, dan manusia diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Allah. Pada saat berdosa, sifat dari Allah meninggalkan manusia. Pada saat dibaptis, keadaan kita dipulihkan dan benih Allah kembali ada dalam diri kita. Apakah kita mematikan benih-benih tersebut untuk mengambil hati seseorang? Paulus pernah mengatakan bahwa dalam hidupnya melayani, dia bukan lagi mencari kepentingan dirinya atau untuk menyenangkan hati orang lain. Kadang tanpa sadar karena rasa sungkan atau karena ingin menyenangkan hati orang lain kita mengambil satu keputusan atau tindakan yang bertentangan dengan prinsip keadilan. Contoh paling sederhana ketika menghadapi anak-anak kita.

Mari kita berusaha menumbuhkan dengan subur benih Allah dalam diri kita dan melakukan apa yang menyenangkan hati Tuhan, bukannya berusaha menyenangkan manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: