Bertahan Melawan Musuh (Renungan Harian)

Rabu, 28 Maret 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Efesus 6

 

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.”
Efesus 6: 11

Pada pasal yang sebelumnya kita berbicara mengenai menjaga kekudusan dengan tidak membiarkan celah sekecil apapun untuk dosa masuk dalam hidup kita. Yang menjadi masalah adalah dari pihak musuh yaitu iblis juga melakukan segala macam usaha untuk memasukkan benih dosa ke dalam hidup kita. Paulus menggambarkan bahwa kehidupan rohani seseorang dalam menjaga keselamatan yang diberikan Yesus merupakan sebuah peperangan yang harus dihadapi. Untuk menghadapi peperangan tersebut, diperlukan perlengkapan perang karena tidak mungkin kita berperang dengan tangan kosong. Saya ingat dikatakan bahwa dalam sebuah buku bahwa peperangan mempunyai aturan yang berbeda dengan pertarungan. Kalau pertarungan, kalah atau menangnya seseorang bergantung pada kemampuan dirinya, kalau peperangan bukan ditentukan oleh kemampuan pribadi tapi oleh kerjasama dalam pasukan. Untuk bisa memenangkan peperangan ini, tentu saja kita perlu menjaga diri kita dan bekerja sama dalam sebuah strategi.

Paulus mengajarkan bahwa untuk menjaga diri kita, kita harus mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah yaitu ikat pinggang kebenaran, baju zirah keadilan, kasut kerelaan memberitakan Injil damai sejahtera, perisai iman, ketopong keselamatan dan pedang Roh firman Allah. Semua perlengkapan itu harus ada dalam diri kita supaya kita bisa menang, tidak bisa satu unsur tidak ada. Tanpa ikat pinggang, kita akan susah bergerak dan tidak ada tenaga, tanpa adanya pelindung (baju zirah, kasut, perisai, ketopong) maka kita menjadi sasaran empuk musuh, tanpa senjata maka kita tidak akan bisa menyerang dan melumpuhkan musuh. Terutama senjata ini kita harus asah tiap hari dan kita sendiri mahir untuk mengunakannya. Senjata diasah setajam apapun, kalau pemakainya tidak mahir maka akan dengan mudah dikalahkan. Firman Tuhan yang kita miliki haruslah diasah dan kita menguasainya dengan baik. Kita bisa mengasah dan berlatih menggunakannya dalam persekutuan, ibadah, mezbah keluarga, dll. Dalam hidup kita semua perlengkapan senjata Allah tersebut bisa kita dapatkan di gereja karena gereja adalah tubuh Kristus yang memenuhi semua dan segala sesuatu (Ef. 1:23).

Mari kita persiapkan diri kita senantiasa dan maju berperang melawan musuh-musuh kita dan keluar menjadi pemenang untuk mendapatkan mahkota kehidupan yang telah Tuhan sediakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: