Menyadari Kekurangan (Renungan Harian)

Jumat, 30 Maret 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius

Kejadian 2

“Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.”
Kejadian 2: 20

Manusia (Adam) ditempatkan dalam Taman Eden dan dicukupkan kebutuhannya untuk hidup (ayat 8-13). Manusia juga memiliki pekerjaan dan tujuan hidup yang jelas (ayat 15, 19-20). Akan tetapi dia menemukan bahwa ada sesuatu yang tidak lengkap. Tuhan sudah tahu apa yang terbaik untuk manusia, bahkan Dia sudah tahu bahwa Adam membutuhkan penolong yang sepadan baginya. Tapi kenapa Tuhan tidak langsung menciptakan Hawa, Dia menghadapkan dulu binatang-binatang kepada Adam untuk diberi nama?

Tuhan ingin bahwa Adam menyadari sendiri apa yang dibutuhkan dirinya. Supaya ketika dia mendapatkannya, dia bisa menjaganya dengan baik. Dalam kehidupan kita, sebuah pemberian yang kita tidak sadari manfaatnya, maka kita cenderung akan menganggap barang tersebut biasa dan tidak menjaganya dengan baik. Akan tetapi ketika kita menyadari bahwa kita membutuhkan barang tersebut, ketika kita dapatkan maka kita akan jaga dan rawat barang tersebut dengan baik.

Sebuah proses belajar dijalani oleh Adam untuk mengetahui kebutuhan dirinya dengan pasti. Demikian juga dalam kehidupan kita, sebuah proses pembelajaran yang terus menerus kita lakukan supaya kita bisa mengetahui apa yang kurang dalam kehidupan kita. Kita telah memperoleh keselamatan, kita harus belajar mengetahui apa pentingnya keselamatan itu sehingga keselamatan yang sudah ada dalam tangan kita ini bisa kita jaga dan pertahankan jangan sampai terlepas dan hilang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: