Berkat Yang Berbeda (Renungan Harian)

Kamis, 24 Mei 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius
Kejadian 49
 
Akhirnya kita sampai pada dua pasal terakhir pembacaan kitab Kejadian. Ayo kita sama-sama baca pasal ini.
Saat ini merupakan saat-saat terakhir dari Yakub. Di penghujung kehidupannya dia memberikan berkat kepada semua anak-anaknya. Setiap anak menerima berkat yang berbeda-beda. Kemungkinan besar setiap berkat diberikan sesuai dengan perbuatan masing-masing. Kita bisa memperbandingkan berkat-berkat yang diterima mereka yang perbuatannya tercatat dalam Alkitab yaitu Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Yusuf. Contoh: Ruben, dalam ayat 4 dikatakan “sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu.” Apa yang dia lakukan adalah jahat dan akhirnya kedudukan anak sulung dan berkatnya lepas dari genggaman tangan. Simeon dan Lewi yang telah menumpas penduduk kota Sikhem dengan rencana yang keji juga mendapatkan berkat yang setimpal (ayat 5-7). 
Selanjutnya kita sama-sama lihat berkat yang diberikan Yakub kepada Yusuf (ayat 22-26). Berkat yang diperoleh Yusuf sangatlah lengkap dan berlimpah-limpah. Ini semua bukan semata-mata karena Yusuf merupakan anak kesayangan Yakub tapi karena perbuatannya semasa hidup memang layak untuk mendapatkan berkat tersebut. Kita telah membaca dari pasal 37 sampai sekarang bagaimana tindakan-tindakan Yusuf yang tetap memiliki rasa takut pada Tuhan. Kita bisa menebak secara kasar bagaimana kehidupan dari anak-anak Yakub berdasarkan berkat yang diberikan Yakub kepada mereka.
Kita pada saat ini tidak menerima berkat dari ayah kita seperti yang diberikan Yakub, tapi kita mencari dan mengejar berkat yang diberikan oleh Bapa kita di Sorga. Dari pasal ini kita bisa melihat bahwa berkat-berkat (atau kutuk) yang kita terima, kita dapatkan berdasarkan perbuatan-perbuatan kita di dunia. Apakah kita menjalani hidup kita sesuai dengan perintah dan kehendak Tuhan? Atau hidup kita merupakan sebuah kehidupan penuh pesta pora dan menyangkal Tuhan?
Hiduplah sesuai dengan kehendak Tuhan dan dapatkanlah berkat-berkat yang tersedia dari Bapa kita, Tuhan Yesus Kristus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: