Dua Jenis Kelompok (Renungan Harian)

Selasa, 12 Juni 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius
Keluaran 9
Tiga tulah, dua kelompok, satu pasal…
Dalam pasal ini kita bisa melihat tulah yang ditimpakan Tuhan semakin lama semakin menghancurkan. Jika kita mengira bahwa dikerumuni oleh katak, nyamuk, lalat pikat sudah buruk; pada pasal ini kita melihat orang-orang kehilangan harta milik mereka, mengalami barah yang menyakitkan di badan, dan cuaca yang menghancurkan.
Dan seperti tulah lalat pikat, ketiga tulah yang dijatuhkan Tuhan menunjukkan pemisahan yang sangat jelas antara umat pilihan Tuhan dengan orang-orang Mesir (ayat 4, 6-7, 26). Di satu sisi semua orang tetap memiliki ternak, sementara di sisi lain mereka kehilangan ternak-ternaknya. Satu sisi tidak mengalami sakit, sementara di sisi lain mereka merasa kesakitan sampai menangis. Di satu sisi mengalami cuaca yang baik, sementara di sisi lain merasakan kengerian yang luar biasa. 
Dalam pasal ini kita melihat ada dua kelompok yang terbentuk. Kita bukan melihat dua kelompok itu adalah orang Israel dan orang Mesir tapi orang yang takut pada firman Tuhan dan orang yang tidak takut pada firman Tuhan. Dalam ayat 20-21 bisa menggambarkan dengan jelas bahwa ada dua kelompok yang terbentuk tersebut. “Maka siapa di antara para pegawai Firaun yang takut kepada firman TUHAN, menyuruh hamba-hambanya serta ternaknya lari ke rumah, tetapi siapa yang tidak mengindahkan firman TUHAN, meninggalkan hamba-hambanya serta ternaknya di padang. “
Kita bisa membaca apa yang menimpa kedua kelompok tersebut. Mereka yang tetap tinggal di padang, kita bisa perkirakan mengalami luka-luka yang serius atau bahkan mungkin terbunuh oleh karena badai es tersebut. Kita bisa juga menduga bahwa mereka yang takut pada firman TUHAN masuk ke dalam rumahnya masing-masing dan terselamatkan dari badai tersebut. 
Dalam kehidupan kita, walaupun kita merupakan anggota gereja sejati dan kita memiliki kebenaran, firman Tuhan. Akan tetapi apakah di antara kita yang mungkin tidak sepenuhnya percaya kepada firman Tuhan? Apakah kita benar-benar mendengarkan firman Tuhan dan mengikuti ajaran Yesus?
Tuhan telah memberikan peringatan kepada orang Mesir bahwa hujan badai es akan datang. Mereka yang mendengarkan dan memperhatikan perkataan tersebut mencari tempat perlindungan dan akhirnya terselamatkan. Sama halnya dengan kita, Tuhan telah mengatakan bahwa Dia akan datang kembali dan kita harus mempersiapkan diri kita untuk hari yang besar itu. Jika kita tidak memperhatikan hal ini, apa yang akan terjadi dengan kita?
“Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku.” (Yeremia 6: 19)
Malapetaka itu mungkin tidak datang dalam waktu yang singkat, sampai rambut kita putih mungkin kita belum melihatnya tapi setiap orang yang tidak memperhatikan perkataan Tuhan atau mempertahankan firman Tuhan pasti akan mendapatkan celaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: