Tuhan Berperang Untukmu (Renungan Harian)

Senin, 18 Juni 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius  

Keluaran 14

Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: ”Jangan takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya. TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”
Keluaran 14: 13-14

Bangsa Israel melakukan perjalanan ke selatan, dan mereka tiba di daerah Migdol. Di depan mereka ada laut Merah, dibelakang mereka ada Firaun dan pasukannya yang mengejar. Mereka bersungut-sungut kepada Musa dan Harun oleh karena ketakutan yang mereka alami. Musa menguatkan bangsa Israel dan menyatakan bahwa Tuhan yang akan berperang untuk mereka. Tepat sesuai dengan apa yang dikatakan Musa, Tuhan berperang untuk bangsa Israel, orang-orang Mesir pun mengatakan hal yang sama (ayat 25) ketika mereka berusaha mengejar orang Israel tapi ternyata mereka mengalami kekacauan dalam pasukannya. Laut Merah yang terbelah kembali mengalir dan menelan habis Firaun dan pasukannya.

Bangsa Israel ada dalam penjajahan bangsa Mesir selama 43o tahun. Apapun yang diperintahkan bangsa Mesir selalu dituruti, mereka selalu ada dalam tekanan dan selama itu walau jumlah mereka terus-menerus bertambah, tidak ada keberanian untuk melawan. Bangsa Mesir adalah sumber ketakutan bangsa Israel. Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk berjalan ke arah Laut Merah, mengeraskan hati Firaun sehingga Firaun bersama dengan pasukannya mengejar orang Israel.

Dalam diri dari pada setiap orang memiliki perasaan takut kepada sesuatu. Rasa takut itu membuat kita tidak bisa bebas, hidup dalam pengaruhnya, misalnya seorang perempuan yang takut terhadap ayahnya, sewaktu kecil melihat ibunya sering dipukuli bahkan dia sendiri juga sering menerima pukulan bisa saja seumur hidupnya dia tidak mau menikah. Ada banyak hal yang membuat kita hidup dalam perhambaan. Tuhan telah menebus kita dan menjadikan kita orang merdeka secara rohani, tapi kita harus menghadapi rasa takut kita dan berusaha menguasainya.

Perkembangan tekhnologi saat ini begitu pesat, demikian juga dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu cara yang ditawarkan dunia untuk mengatasi rasa takut kita adalah dengan cara terapi hipnosis, ada lagi terapi dengan kita dipaksa menghadapi rasa takut kita. Cara-cara tersebut lebih banyak mengandalkan kekuatan pribadi. Belajar dari Keluaran 14 kita bisa bersandar pada Tuhan karena Tuhan melalui Roh Kudusnya akan berperang untuk kita, Dia yang akan menghilangkan hal-hal yang memperhamba diri kita. Banyak kesaksian dari saudara-saudarai seiman kita bagaimana Tuhan berperang untuk mereka. Kebiasaan-kebiasaan yang memperhamba mereka bisa dihilangkan dalam sekejap, dan terlebih lagi mereka tidak kembali, benar-benar hilang sama sekali seperti tentara Mesir hilang dalam sekejap.

Bersandarlah pada Tuhan dan lihatlah bagaimana Tuhan berperang untuk kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: