Melihat Keagungan Tuhan (Renungan Harian)

Minggu, 23 September 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius
Keluaran 19
 
  “Dan terjadilah pada hari ketiga, pada waktu terbit fajar, ada guruh dan kilat dan awan padat di atas gunung, dan bunyi sangkakala yang sangat keras, sehingga gemetarlah seluruh bangsa yang ada di perkemahan.”
Keluaran 19: 16
Puji Tuhan Yesus akhirnya kita bisa melanjutkan program membaca Alkitab harian yang kita lakukan. Saya meminta maaf karena selama beberapa bulan program kita terhenti. Sekarang, dengan keterbatasan gerak yang bisa dilakukan, Tuhan Yesus memberikan banyak waktu bagi saya untuk kembali melanjutkan program kita. 
Ketika kita baca Keluaran pasal 19 ini, coba saudara-saudari bayangkan bagaimana perasaan dari orang-orang Israel yang hadir di kaki gunung Sinai pada waktu itu. Mungkin kita bisa bandingkan keadaan tersebut dengan keadaan ketika sebuah gunung berapi meletus, sebuah keadaan yang mencekam dimana guruh dan kilat sambung menyambung, ada suara yang dahsyat, awan pekat menyelimuti puncak gunung. Bangsa Israel menghadapi kekuatan yang jauh lebih besar dari mereka, yang belum pernah mereka lihat seumur hidupnya.  Keagungan Tuhan mereka lihat dengan mata kepala mereka sendiri. Ini sebuah pengalaman yang sangat luar biasa bagi setiap orang Israel yang ada di kaki gunung Sinai tersebut.
Dalam kehidupan kita mungkin tidak pernah mengalami apa yang dilihat orang Israel. Tapi Pemazmur dalam Mazmur 19: 1-5 mengingatkan kita bagaimana melihat keagungan Tuhan di alam semesta. Ketika kita bangun di pagi hari, melihat matahari bersinar, melihat cakrawala membatasi laut dan langit, kita bisa melihat keagungan Tuhan.
Kehidupan yang sibuk, jadwal yang padat membuat kita merasa tidak memiliki waktu yang cukup sehingga kita berusaha bergerak dengan cepat. Seringnya kita menganggap bahwa terbitnya matahari, cuaca yang cerah, langit yang biru merupakan hal yang biasa yang tidak menarik untuk diperhatikan. Ada hal-hal lain yang lebih penting daripada memperhatikan alam sekitar. 
Akan tetapi ketika kita mengalami masalah, cobalah sejenak melihat alam sekitar, cobalah perhatikan pohon-pohon, bunga-bunga, binatang-binatang, semua makhluk hidup yang ada. Kita bisa merasakan sebuah penghiburan, kekuatan dan keyakinan bahwa keagungan Tuhan tidak akan kalah dengan permasalahan yang kita hadapi. Kekuatan Tuhan jauh lebih besar dari semua yang ada bahkan tidak bisa dibandingkan dengan masalah yang kita hadapi. Melihat alam sekitar bisa membuat kita melihat keagungan Tuhan dan memberikan kekuatan iman pada kita untuk menghadapi kehidupan yang berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: