Apakah Aku Seorang Imam? (Renungan Harian)

Rabu, 3 Oktober 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius
Keluaran 28
 
 Akhirnya kita sampai pada pasal 28 yang menuliskan mengenai pakaian bagi imam. Walaupun selama seminggu ini pasal-pasal yang kita baca kelihatannya membosankan, tidak menarik, tapi mari kita dengan tekun dan sabar membacanya. Pasti ada sesuatu pengajaran yang bisa kita ambil di dalamnya.
Ketika membaca pasal 28 ini, saya tertarik dengan ayat 9-12. Di bahu dari pakaian imam ada permata krisopras yang di atasnya tertulis nama dari suku-suku Israel, enam di kiri, enam di kanan. Kedua permata tersebut menjadi pengingat bahwa Harun sebagai imam ketika masuk ke Kemah Suci dan menghadap Tuhan dengan mengenakan baju efod tersebut, dia membawa nama dua belas suku Israel. Harun menghadap Tuhan dengan memikul nama dua belas suku Israel memanjatkan doa kepada Tuhan, mencari jawaban, pengampunan, kasih karunia dari Tuhan. Setiap kali menghadap, dia bukan menghadap untuk kepentingan pribadinya, dia bukan berdoa untuk kepentingan pribadi, tapi dia menghadap untuk umat Israel.  
Dalam 1 Petrus 2: 9 dikatakan bahwa kita, umat pilihan Allah merupakan imamat yang rajani. Setiap dari kita merupakan imam Tuhan, dengan memikul nama orang–orang kita menghadap Tuhan.
Apakah kita menjalankan tugas keimaman dengan baik? Ketika kita berdoa, apakah kita mendoakan diri sendiri, kepentingan-kepentingan pribadi atau kita mendoakan orang-orang yang membutuhkan pertolongan, penebusan dari Tuhan, mendoakan keluarga, anak-anak, saudara, orang tua? Paulus mengajak Timotius dan kita untuk memanjatkan doa bagi semua orang karena itulah yang diperkenan oleh Tuhan (1 Tim. 2: 1-4).
Setiap kali doa penutup kebaktian, hamba Tuhan mengajak kita mendoakan saudara-saudari seiman yang sedang mengalami masalah, sakit supaya Tuhan sembuhkan dan berikan kekuatan. Doa yang kita panjatkan dengan iman, mempunyai kasiat yang besar karena itu mari kita saling mendoakan dengan sungguh-sungguh karena setiap kita merupakan imam-imam Tuhan (Yak. 5: 14-16). Mari kita doakan mereka yang belum mengenal Tuhan,kita doakan saudara-saudari seiman kita yang sedang mengalami masalah atau sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: