Mendapat Kasih Karunia Tuhan (Renungan Harian)


Selasa, 9 Oktober 2012
oleh: Penginjil Toni Antonius
Keluaran 33
 
 Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu.
Keluaran 33: 13
Tuhan sangat murka terhadap bangsa Israel karena Israel telah membuat anak lembu emas dan menyembahnya. Jikalau Musa tidak berdoa untuk mereka, Tuhan sudah menghancurkan mereka semua. Karena ketegar tengkukan bangsa Israel maka Tuhan memutuskan untuk tidak berjalan bersama-sama dengan bangsa Israel. Akan tetapi kembali Musa memohon kepada Tuhan supaya Dia mau berjalan bersama-sama dengan bangsa Israel. Satu permohonan dari Musa yang sangat menyentuh kita bisa baca dalam ayat yang tertulis di atas.
Musa menyadari bahwa semua yang didapat merupakan kasih karunia Tuhan. Bangsa Israel bisa tidak dibinasakan walaupun sudah melakukan dosa yang begitu besar karena kasih karunia Tuhan. Selain itu dia meminta kepada Tuhan supaya Tuhan memberitahukan jalan-Nya supaya bangsa Israel bisa berjalan sesuai dengan kehendak-Nya, supaya dia bisa mengenal Tuhan dengan lebih baik. 
Kita banga Israel secara rohani juga telah menerima kasih karunia dari Tuhan. Dosa kita ditebus dan kita beroleh keselamatan. Dalam perjalanan menuju Kerajaan Sorga apakah kita memiliki keinginan seperti Musa untuk mengenal Tuhan. Mengenal di sini memiliki arti “mengenal karena hidup bergaul, mengenal karena mempunyai pengalaman bersama”. Atau kita merasa puas dengan keselamatan yang sudah Tuhan Yesus berikan. Kasih karunia Tuhan bukan hanya sekedar kita bisa menerima keselamatan, mari kita minta supaya Tuhan menunjukkan jalannya, membuat kita bisa berjalan dengan Tuhan, memiliki pengalaman-pengalaman rohani bersama-Nya. Mari memohon seperti Musa bahwa Tuhan menunjukkan jalan-Nya sehingga kita bisa berjalan dalamnya dan membuat iman kita semakin dewasa lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: