Setia Pada Janji (Renungan Harian)

Rabu, 7 Nopember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

Yosua 10

 Setelah orang-orang Gibeon mengadakan perjanjian dengan orang Israel didengar oleh Adoni-Zedek, raja Yerusalem maka Adoni-Zedek mengajak beberapa sekutunya untuk memerangi Gibeon yang dianggapnya berkhianat (ayat 1-6). Orang-orang Gibeon akhirnya meminta pertolongan kepada Yosua untuk menghadapi pasukan yang dipimpin Adoni-Zedek. Peperangan yang terjadi di Gibeon ini merupakan peperangan yang sangat besar dan hebat. Satu peristiwa terjadi bahwa matahari dan bulan tetap ada di tempatnya, menuruti perkataan dari seorang manusia yaitu Yosua karena Tuhan menyertainya (ayat 12-14).

Yang menarik di sini adalah apa yang melatar belakangi terjadinya peperangan ini yaitu karena orang Israel tetap memegang janjinya dan menolong orang Gibeon. Padahal di pasal sebelumnya kita bisa membaca bahwa orang-orang Gibeon telah menipu bangsa Israel. Ini menjadi perenungan bagi kita semua. Apakah kita bisa tetap memegang janji yang telah kita ucapkan walaupun janji itu merugikan kita?

Mari kita ingat apa yang dikatakan Daud dalam mazmurnya “TUHAN, siapa yang boleh menumpang dalam kemah-Mu? Siapa yang boleh diam di gunung-Mu yang kudus? “ salah satu jawabannya “Yaitu dia yang berpegang pada sumpah walaupun rugi.” (Mzm. 15: 1, 4). Yosua tetap menolong orang Gibeon walaupun perjanjian itu dibuatnya karena dia ditipu. Selain itu sebenarnya kalaupun pada saat itu Yosua tidak mengerahkan pasukan untuk menolong orang Gibeon, itu tidak menjadi masalah karena perjanjian antara orang Israel dengan orang Gibeon adalah bahwa orang Israel tidak memunahkan orang Gibeon. Pada saat seseorang yang telah menipu kita mengalami masalah, jarang kita mau untuk menolongnya. Mungkin ada yang berkomentar “Kamu sih menipu aku. Rasakan akibatnya.”

Orang dunia mungkin akan mencari alasan untuk mengingkari janjinya, tidak mau menolong orang yang telah berbuat jahat kepadanya. Tapi murid-murid Tuhan Yesus diajarkan untuk memegang janjinya, mengasihi sesama manusia termasuk mereka yang pernah menipu dirinya.

Tuhan pasti akan membantu dan seperti Dia membuat nama Yosua harum, Dia juga akan memberikan berkat yang jauh melebihi pikiran kita jika kita mau untuk berusaha mengikuti perintah-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: