Kemenangan Orang Israel (Renungan Harian)

Jumat, 9 Nopember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

Yosua 12

 

Tanpa sadar sudah setengah bagian dari kitab Yosua kita baca. Dari pertama kali berperang sampai akhirnya Yosua berhasil merebut seluruh negeri itu sesuai dengan yang difirmankan Tuhan kita melihat kemenangan demi kemenangan berhasil diraih bangsa Israel. Dalam pasal ini kita bisa melihat daftar raja-raja di tanah Kanaan yang berhasil dikalahkan bangsa Israel, total semuanya dua raja di sebelah timur sungai Yordan (ayat 1-6), dan tiga puluh satu orang di sebelah barat sungai Yordan (ayat 9-24).

Kemenangan demi kemenangan yang diraih bangsa Israel semuanya berasal dari Tuhan. Kita bisa mengatakan demikian karena pernah satu kali dimana bangsa Israel mengalami kekalahan. Kekalahan tersebut bukan melawan kota yang besar dan kuat, tapi ketika melawan kota yang dianggap kecil dan lemah. Bangsa Israel kalah melawan kota Ai karena Akhan melanggar perintah Tuhan yang mengakibatkan Tuhan meninggalkan pasukan Israel. Kekalahan di Ai bisa menjadi pengingat bahwa kemenangan-kemenangan bangsa Israel oleh karena Tuhan menyertai mereka.

Dalam kehidupan kita pun mari kita sama-sama tetap mengingat juga bahwa keberhasilan kita karena Tuhan semata. Seperti nasihat Musa “Hati-hatilah, suaya jangan engkau melupakan TUHAN, Allahmu, dengan tidak berpegang pada perintah, peraturan, dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini. Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.” (Ul. 8: 11, 17-18).

Yang kedua kita bisa melihat kesetiaan dari dua setengah suku yaitu suku Gad, Ruben dan setengah suku Manasye yang memilih tinggal di sebelah timur sungai Yordan. Mereka menepati janjinya pada Musa bahwa mereka ikut menyebrang dan berperang dengan pasukan Israel yang lainnya untuk merebut daerah di Kanaan walaupun mereka sudah memilih tinggal di sebelah timur. Bangsa Israel tetap bersatu hati dalam mengejar janji Tuhan sehingga pada akhirnya semua bisa mendapatkan bagian dalam tanah Kanaan yang sudah dijanjikan Tuhan.

Kesatuan hati dalam gereja untuk mengejar janji Tuhan perlu kita pelihara. Walaupun setiap orang memiliki pemikiran masing-masing, memiliki keinginan sendiri tapi mari kesampingan keinginan dan kepentingan pribadi untuk kemajuan gereja. Dengan kesatuan hari kita yakin bahwa kita bisa menghadapi rintangan seberat apapun seperti bangsa Israel berhasil mengalahkan tiga puluh satu raja di Kanaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: