Tempat Tinggal Orang Lewi (Renungan Harian)

Selasa, 20 Nopember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

 

Yosua 21

 

Orang-orang dari bani Lewi tidak mendapatkan bagian milik pusaka karena  milik pusaka mereka adalah Tuhan sendiri (Yosua 13: 33). Akan tetapi Tuhan tetap menentukan bagi bani Lewi, kota-kota untuk tempat mereka tinggal di tengah-tengah saudara-saudaranya. Setiap suku di Israel haruslah memberikan kota-kota untuk didiami dan tanah-tanah penggembalaan untuk ternak mereka. Dalam pasal yang kita baca pada hari ini kita bisa melihat daftar kota-kota yang diberikan bagi orang Lewi beserta dengan tanah-tanah penggembalaannya yang secara keseluruhan berjumlah empat puluh delapan kota (ayat 42).

Orang-orang Lewi ini bertugas untuk membantu imam menyelenggarakan ibadah, dan mengurus Kemah Suci. Setiap laki-laki di suku Lewi harus melayani Tuhan, tidak seperti saudara-saudaranya dari suku lain. Tuhan menjaga mereka dan mencukupkan kebutuhan hidup mereka, walaupun pastinya apa yang mereka miliki jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang berasal dari suku lain.

Saat ini kita semua adalah imamat yang rajani, imam-imam yang bertugas melayani Tuhan. Bisa jadi kita ragu, apakah mempunyai tenaga, kekuatan, dan waktu yang cukup untuk melayani, apakah sempat untuk melayani padahal untuk memenuhi kehidupan sendiri juga tenaga, kekuatan, dan waktu yang ada belum cukup. Ketika kita melayani Tuhan, jangan kita kuatir dengan kehidupan kita, karena Tuhan pasti akan menjaga dan mencukupkan itu semua.

Dari pasal ini saya teringat akan kasih Tuhan yang begitu luar biasa diberikan-Nya dalam kehidupan pribadi saya. Pada bulan September saya harus menjalani operasi karena kecelakaan yang saya alami. Jumlah biaya yang harus saya keluarkan melebihi kemampuan saya, tapi puji Tuhan, Dia tidak membiarkan hamba-Nya dalam kesusahan. Tuhan membayar lunas semua biaya yang saya perlukan melalui tangan hamba-hamba-Nya yang penuh kasih, bahkan melimpah jauh melebihi pemikiran saya. Selang dua bulan kemudian, adik saya juga mengalami kecelakaan yang mengharuskan dia menjalani operasi yang juga memerlukan biaya yang besar. Tuhan kembali menunjukkan kasih sayang-Nya melalui saudara-saudari seiman sehingga semua bisa tercukupi.

Jangan takut kekurangan ketika kita melayani Tuhan Yesus. Mari berikan yang terbaik dalam kehidupan kita untuk-Nya, dan Dia akan memberikan yang terbaik untuk kita dalam kehidupan ini dan kehidupan yang akan datang.

Leave a Reply

