Pesan Orang Tua

Kamis, 22 Nopember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

Yosua 23

 

 Pada masa tua Yosua, dia memberikan pesan-pesan kepada semua orang-orang Israel, baik pemimpin, maupun tua-tua mereka (ayat 1-2). Beberapa pesan dari Yosua ini bisa menjadi pengingat bagi kita untuk memeriksa kembali keadaan kita sekarang dalam menjadi umat pilihan Tuhan, orang Israel rohani.

Berkali-kali dalam kitab Yosua ini peringatan untuk memelihara perintah Tuhan dengan setia terus disampaikan dan diingatkan. Mungkin kalau saya tuliskan lagi, saudara-saudari yang membacanya bisa merasa bosan. Tapi hal ini sangat ditekankan dalam kitab Yosua ini karena sangat mudah bagi seseorang untuk berubah setia. Pada saat sekarang ini, kasus perceraian, perselingkuhan banyak terjadi bahkan jemaat, umat pilihan Tuhan juga tidak lepas dari keadaan ini. Perselingkuhan bisa dilakukan dengan banyak cara, bahkan sekarang bisa dilakukan melalui media komunikasi seperti Blackberry, Whatsapp, dan cara-cara yang lain. Dengan orang-orang yang bisa dilihat setiap hari saja seseorang bisa berubah setia, apalagi dengan Tuhan yang kemungkinan besar tidak kita lihat setiap harinya.

Yosua mengingatkan bahwa bangsa Israel bisa memperoleh tanah Kanaan oleh karena Tuhan yang berperang untuk mereka, bukan karena kekuatan mereka (ayat 3-5). Demikian juga dalam kehidupan kita saat ini. Semua pencapaian yang kita, anak-anak Tuhan, peroleh, itu semua berasal dari Tuhan semata. Tuhan Yesus yang memberikan kita kesempatan sehingga kita bisa berhasil.

Selain itu dia mengingatkan juga bahwa firman Tuhan tidak pernah gagal, semuanya terpenuhi (ayat 14). Banyak janji-janji Tuhan yang kita rasakan menjadi kenyataan dalam kehidupan kita. Karena itu mari kita juga mengingat bahwa Tuhan selain memberkati kehidupan orang yang dengan setia mengikuti-Nya, Dia juga berfirman bahwa orang-orang yang jahat, mereka yang tidak setia mengikuti perintah-Nya akan mendapatkan hukuman. Yakinlah bahwa firman itupun akan dipenuhi-Nya juga. Dia adalah Allah yang adil dan setia. Oleh karena itu, mari kita tetap dengan setia mengikuti semua firman Tuhan sehingga nantinya kita memperoleh janji terbesar-Nya yaitu Kerajaan Sorga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: