Selalu Baru Setiap Pagi

* Ratapan 3:21-23 – “Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!”

Mengapa anda berlangganan koran? Tentu anda ingin mendapatkan update berita-berita baik dari kota, dalam negeri maupun manca negara. Anda ingin tahu apa saja yang menjadi berita hangat dari situasi terkini. Bayangkan apabila koran tidak menyajikan sesuatu yang baru, jika beritanya terlambat seminggu atau bahkan sehari. Maka koran tidak akan semenarik itu lagi bagi anda bukan? Dalam membeli roti, ikan atau segelas juice saja, tidakkah anda akan mencari yang paling “fresh”? Kita suka dengan segala sesuatu yang baru. Kita suka dengan segala yang segar. Tuhan tahu itu, dan lihatlah bahwa Dia menjanjikan berkat yang baru setiap pagi.

Apa yang anda pikirkan ketika anda bangun tadi pagi? “oh, saya sudah terlambat! saya harus bergegas sekarang!”, “aduh, kemarin merupakan hari yang berat, hari ini bakal bagaimana lagi ya..”, “lagi-lagi pagi, saya sudah harus bekerja sekarang..” dan lain-lain. Ini bisa menjadi isi dari pikiran kita ketika bangun. Semoga bukan hal-hal seperti ini yang mengisi pikiran anda, karena alangkah sayangnya jika kita tidak merasakan berkat Tuhan yang baru setiap pagi. Setiap pagi? Ya, firman Tuhan berkata setiap pagi. Artinya ada rahmatNya tercurah, turun disaat kita hendak memulai sebuah hari yang baru. Lihatlah betapa indahnya hidup bersama Tuhan. Begitu kita bangun, ada rahmat Tuhan yang langsung menyapa kita. Bukankah itu luar biasa indahnya? Itulah yang dijanjikan Tuhan, yang sayangnya akan kita lewatkan apabila kita tidak menyadari itu dan lebih memilih untuk memulai hari dengan setumpuk pikiran rumit, kegelisahan, gerutu dan sebagainya.

Lihat apa yang tertulis dalam kitab Ratapan. “Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu!” (Ratapan 3:21-23). Sang Penulis kitab ini tahu kemana ia harus mengarahkan fokusnya. Ia menyadari betul bahwa kasih setia Tuhan itu tiada terbatas dan begitu besar buat kita. Rahmat Tuhan pun demikian, tidak ada habisnya, dan selalu baru setiap pagi. All are fresh and new every morning. Jika demikian, mengapa kita harus ragu-ragu dalam menaruh pengharapan kepadaNya? Inilah yang seharusnya kita ingat agar kita bisa memulai hari baru dengan sukacita penuh tanpa terganggu oleh beban pikiran atau kesibukan yang sebentar lagi akan kita lakukan. Jadi jelas bahwa kita harus mengingatkan diri kita tentang kesetiaan dan kebaikan Tuhan setiap pagi.

Seperti apa kebaikan Tuhan itu? Jika kita membuka lembar demi lembar halaman di dalam Alkitab, maka kita akan menemukan begitu banyak kebaikan Tuhan yang Dia janjikan kepada kita. Mari kita ambil satu bagian saja dari Mazmur, yaitu Mazmur 103. Ada apa saja disana? Mari kita lihat bersama.
1. Tuhan mengampuni semua dosa (ay 3)
2. Tuhan menyembuhkan penyakit (ay 3)
3. Tuhan menebus kita dari kebinasaan (ay 4)
4. Tuhan memahkotai kita dengan kasih setia dan rahmat (ay 4)
5. Tuhan memuaskan kebutuhan kita dengan hal-hal yang baik sehingga kita awet muda seperti burung rajawali (ay 5)
6. Tuhan menyediakan keadilan dan hukum bagi orang tertindas, Dia ingin memerdekakan kita (ay 6)
7. Tuhan menyatakan rencanaNya atau jalan-jalanNya (ay 7)
8. Tuhan itu penyayang, pengasih, panjang sabar dan punya kasih setia berlimpah (ay 8)
dan sebagainya.

Baru dari satu penggalan dalam Alkitab saja kita sudah bisa melihat bagaimana kebaikan Tuhan yang Dia siapkan bagi kita. Ini baru secuil dari begitu banyak ayat yang menyatakan kebaikanNya. Semua itu Dia janjikan hadir bagi diri kita dalam keadaan baru setiap pagi, fresh and new every morning.

Pastikanlah diri anda untuk mengingat semua ini setiap pagi, dan mengucap syukurlah akan semua kebaikan Tuhan itu ketika anda bangun. Terus ingatkan jiwa anda untuk menyadari betapa baiknya Tuhan itu, dan segera gantikan segala kegelisahan atau beban-beban pikiran yang biasa mengganggu anda di pagi hari. Jangan pernah lupakan rahmatNya yang telah Dia curahkan kepada anda. Pertahankan terus sehingga tahun ini akan anda isi sepenuhnya dengan iman yang semakin bertumbuh, semakin kuat dan semakin subur. Mengetahui apa saja yang menjadi berkat Tuhan itu baik, tetapi jangan berhenti hanya sampai mengetahui saja. Mari terus mengucap syukur dan pastikan setiap hari anda merasakan kebaikanNya, dan perhatikanlah itu semua agar menjadi nyata dan hidup dalam diri anda.

Rahmat Tuhan tidak terbatas dan selalu baru setiap pagi.

Sumber : …

Trims..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: