Yang Berperang Dengan Tuhan (Renungan Harian)

Minggu, 2 Desember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

Hakim-Hakim 7

 

 Paulus di dalam suratnya kepada jemaat di Efesus bahwa pada saat ini kita sedang berperang melawan musuh-musuh kita yaitu penguasa-penguasa kegelapan (Ef. 6:12). Untuk melawan mereka, kita memerlukan penyertaan Tuhan karena lawan kita tidak bisa dilihat dengan mata. Untuk berperang bersama dengan Tuhan kita bisa melihat apa yang dilakukan Tuhan dalam menyeleksi tentara yang berperang bersama dengan Gideon dalam menghadapi orang Midian di pasal yang kita baca pada hari ini.

Orang-orang yang dipilih oleh Tuhan untuk berperang bagi-Nya adalah:

  1. 1.      Orang-orang yang tidak takut dan gentar

“Maka sekarang serukanlah kepada rakyat itu, demikian: Siapa yang takut dan gentar, biarlah ia pulang, enyah dari pegunungan Gilead.” (Hak. 7:3)

Bukan hanya peperangan dalam dunia, tapi untuk bisa berperang bagi Tuhan, atau untuk memenangkan peperangan rohani dibutuhkan keberanian. Musuh akan berusaha untuk membuat kita takut, gentar dan merasa tidak mungkin kita bisa menang melawan mereka.

Iblis menggunakan permasalahan-permasalahan dalam dunia mulai dari pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari sampai pada penyiksaan tubuh kita supaya kita takut dan menyerah.

Mungkin kita mengalami semakin kita giat melayani Tuhan, semakin banyak masalah dalam kehidupan kita dan makin banyak yang harus kita penuhi. Entah tiba-tiba kita atau keluarga sering sakit, dikeluarkan dari pekerjaan, ditekan di kantor, atau hal-hal lain yang terjadi yang membuat kita berpikir lebih baik kita mundur sejenak dari pelayanan kita. Dalam peperangan rohani yang kita hadapi, tumbuhkan keberanian dan keyakinan pada Tuhan sehingga kita tidak mundur dari pelayanan kita kepada Tuhan.

Satu hal yang perlu kita waspadai adalah kegentaran dalam hati kita bisa menular kepada saudara-saudari kita yang lain. Seperti dalam sebuah pasukan, jika ada segelintir kecil pasukan yang gentar, maka dalam waktu singkat moral dari pasukan bisa menurun dan semuanya mengalami kegentaran. Demikian juga dalam hal kerohanian kita. Kegentaran yang kita miliki bisa menular ke anak-anak, pasangan hidup, orang tua atau saudara-saudari seiman yang lainnya. Misalkan ketika kita mengalami sakit yang tak sembuh-sembuh, ketika kita menyerah dari percaya pada Tuhan, keluarga yang menjaga dan merawat kita juga bisa ikut menyerah.

Oleh karena itu latihlah diri kita untuk terus berani dan percaya pada Tuhan walau apapun yang terjadi dalam kehidupan kita.

  1. 2.      Orang-orang yang selalu waspada

“Barangsiapa yang menghirup air dengan lidahnya seperti anjing menjilat, haruslah kau kumpulkan tersendiri, demikian juga semua orang yang berlutut untuk minum.” (Hak. 7:5)

Pasukan yang dipakai oleh Tuhan adalah mereka yang berlutut ketika minum air. Mereka yang minum dengan cara mendekatkan mulutnya ke air, tidak bisa melihat keadaan sekeliling ketika minum, sedangkan yang berlutut bisa tetap melihat keadaan sekeliling untuk berjaga-jaga walaupun mereka sedang minum air.

Peperangan rohani terjadi setiap waktu. Musuh menyerang bukan hanya saat kita lemah, tak berdaya tapi pada saat kita menikmati berkat Tuhan pun musuh bisa melancarkan serangannya dengan tiba-tiba. Pemilihan pasukan ini mengajarkan bahwa kita haruslah tetap berjaga-jaga walaupun kita sedang bahagia, sukacita karena semua kebutuhan hidup kita terpenuhi, hidup kita tenang dan aman. Seperti yang diajarkan oleh Yesus untuk berjaga-jaga senantiasa baik saat kita bekerja siang hari maupun saat kita merasa aman, tentram (Luk. 12: 37-38).

Orang-orang seperti inilah yang bisa memenangkan peperangan bersama-sama dengan Tuhan Yesus. Sudahkah sifat-sifat ini ada dalam diri kita sebagai tentara Kristus?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: