Menjadi Penguasa (Renungan Harian)

Normal
0

false
false
false

IN
ZH-TW
X-NONE

 

Selasa, 4 Desember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

 

Hakim-Hakim 9

 

 

 

 

Hari ini kita membaca kelanjutan dari kisah keluarga Gideon setelah dia meninggal. Salah satu anak Gideon yang berasal dari gundiknya, Abimelekh, haus akan kekuasaan dan mau menjadi pemimpin atas bangsa Israel. Karena haus kekuasaan dia dengan tega membunuh saudara-saudaranya sendiri (ayat 1-5).

 

Rasa haus kekuasaan ini banyak terjadi dalam masyarakat sekarang. Kita ingat pada masa-masa pemilu, banyak orang mengorbankan harta miliknya bahkan ada yang sampai berhutang milyaran rupiah supaya bisa terpilih menjadi anggota dewan. Keadaan ini juga bisa terjadi dalam gereja, ada orang-orang tertentu yang berusaha menarik hati jemaat atau orang-orang tertentu supaya dia terpilih menjadi pengurus, diaken/is, atau hamba Tuhan. Orang-orang yang berbuat demikian berpikir bahwa dengan menjadi pekerja kudus, mereka menjadi penguasa dalam gereja.

 

Ketika Abimelekh membunuh saudara-saudaranya, ada anak bungsu dari Gideon/Yerubaal yang luput dan akhirnya dia mengutuk Abimelekh dan penduduk kota Sikhem di atas gunung Gerizim (ayat 6-21). Dari perumpamaan yang disampaikan oleh Yotam, anak bungsu Gideon ada beberapa hal yang bisa kita tarik pengajaran:

 

1.      Setiap kedudukan memiliki kemuliaannya masing-masing

 

Ada pohon zaitun yang minyaknya digunakan untuk menghormati Allah, dan manusia. Ada pohon ara yang menghasilkan buah-buah ara dan bisa dijadikan manisan, ada pohon anggur yang menghasilkan buah yang airnya bisa diperas menjadi minuman yang menyukakan hati Allah dan manusia. Pohon zaitun, ara, anggur menolak menjadi raja karena mereka memiliki fungsi masing-masing yang mulia.

 

Apapun kedudukan kita, walaupun kita tidak menjadi penguasa atau raja atas orang lain tapi ada fungsi yang baik yang kalau kita lakukan dengan sebaik mungkin kemuliaannya lebih besar dari memiliki kekuasaan. Misalkan sebagai tukang sampah, walaupun kelihatannya pekerjaan yang rendah, tapi kalau tidak ada tukang sampah, keadaan benar-benar tidak mengenakkan. Contoh dalam gereja, seorang pencatat kebaktian, walaupun tidak kelihatan dan tidak diperhatikan orang tapi memiliki peranan yang besar karena darinya kita bisa mengetahui kehadiran jemaat, khotbah yang disampaikan, dll. Mari kita lakukan dengan setia dan sebaik-baiknya apa yang menjadi tanggung jawab kita, tidak perlu kita iri dengan apa yang dimiliki orang lain.

 

2.      Orang yang tepat untuk kedudukan yang tepat.

 

Tidak mudah menemukan orang yang tepat untuk kedudukan yang tepat. Jangan karena kita tidak mau berusaha lebih lagi akhirnya kita sembarangan saja memilih seseorang. Seperti pohon-pohon itu mau mengangkat semak duri menjadi seorang raja padahal semak duri tidak memiliki manfaat apa-apa.

 

Mari memohon penyertaan Tuhan untuk bisa menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat di dalam gereja sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan akhirnya nanti mengecewakan kita.

 

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
text-align:justify;
text-justify:inter-ideograph;
line-height:150%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-ansi-language:EN-US;}

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: