Karena Ketidaktulusan (Renungan Harian)

Jumat, 7 Desember 2012

oleh: Penginjil Toni Antonius

Hakim-Hakim 12

 

Pasal hari ini masih merupakan kelanjutan dari kisah Yefta dalam memimpin bangsa Israel. Setelah Yefta mengalahkan bani Amon, suku Efraim datang kepadanya dan melakukan protes kepada Yefta. Mereka menanyakan kepada Yefta, kenapa dia tidak memanggil bani Efraim untuk ikut berperang mengalahkan bani Amon (ayat 1). Kelihatannya bani Efraim ini marah karena Yefta tidak membawa serta mereka untuk membela Israel. Akan tetapi kalau kita melihat apa yang mereka katakan dan apa yang dikatakan oleh Yefta, kita mendapat kesan yang lain. Bani Efraim mengancam bahwa mereka akan membakar rumah Yefta beserta dengan Yefta di dalamnya, dan selain itu sebenarnya Yefta sudah memanggil bani Efraim sejak awal tapi mereka tidak datang menolong sehingga Yefta berperang sendiri dengan pertolongan Tuhan (ayat 2-3).

Bani Efraim mau mendapatkan pujian tapi tidak mau berjuang bersama. Ketika Gideon yang menjadi hakim, Gideon bersikap mengalah sehingga bani Efraim mendapatkan pujian. Tapi Yefta bersifat keras sehingga terjadilah perang saudara antara bani Gilead dengan bani Efraim.

Suku Efraim ingin untuk menjadi yang terutama di Israel. Dia marah dengan alasan tidak dipanggil untuk berperang padahal yang sedang berperang adalah saudaranya sendiri. Apakah ketika saudara sendiri sedang mengalami masalah kita tidak bergerak sampai dia datang memanggil?

Akhirnya karena terlalu menghina bani Gilead, terjadilah perang saudara yang mengakibatkan kekalahan bagi bani Efraim.

Apa yang terjadi ini menjadi sebuah perenungan bagi kita mengenai kesombongan dalam diri. Apakah ketika menolong saudara kita berharap mendapatkan pujian, menjadi yang terutama, lebih dihormati atau karena kita tulus menolong? Mari kita menolong dengan sebuah ketulusan hati, tidak mencari nama, tidak merendahkan orang lain, tapi seperti yang Yesus katakan, jika kita memberi sesuatu jangan sampai tangan kiri kita mengetahuinya (Mat. 6: 1-4).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: