Menyelidiki, Memeriksa, dan Berpaling

Diterjemahkan dari Search, Examine, and Turn

Marilah kita menyelidiki dan memeriksa hidup kita, dan berpaling kepada Tuhan. (Ratapan 3:40)

Menyelidiki

Ini adalah kata yang penuh dengan tindakan. Ketika kita menyelidiki sesuatu, kita tidak hanya duduk diam dan menantinya menghampiri kita. Untuk menyelidiki jalan-jalan kita, kita butuh berpikir, mencari dan menemukan aktivitas serta pemikiran apa yang memenuhi hidup kita. Kekurangan apa yang kita miliki dalam kehidupan rohani kita? Apa yang lebih kita pentingkan dibanding keluarga, gereja, dan Tuhan? Seperti ketika mengatasi virus komputer, kita perlu mengenal virus itu terlebih dahulu. Untuk mengubah tingkah laku yang buruk, kita perlu mencari kesalahan apa yang ada di dalam jalan-jalan kita, entah itu kebiasaan, kesenangan, atau bahkan teman-teman kita.

Memeriksa

Memeriksa lebih dalam dari hanya sekadar melihat sesuatu di permukaan. Setelah menyelidiki apa yang salah dengan perjalanan kita bersama Tuhan, kita perlu bertindak lebih jauh dan mencari tahu penyebabnya; memeriksa apa yang menyebabkan hidup Anda tidak bermakna, atau doa-doa Anda hampa. Apakah itu karena kesenangan Anda yang menghalangi hubungan dengan Tuhan dan gereja? Untuk mengatasi masalah Anda harus tahu apakah itu, dan mengerti dari mana dia berasal. Untuk mengatasi virus, Anda harus tahu bagaimana ia bekerja. Barangkali ini memang tidak mudah, tetapi memeriksa hati kita sendiri, menyadari kesalahan-kesalahan tersembunyi, kebiasaan buruk, serta prioritas yang salah merupakan satu langkah kembali kepada Tuhan.

Berpaling kembali

Jangan hanya melihat kembali. Berpalinglah kembali kepada Tuhan. Lakukanlah – berputarlah 180 derajat dan berpalinglah ke arah lain. Hanya berputar-putar di garis mulai tidak akan membawa Anda ke tujuan. Berpaling dan rencanakanlah langkah-langkah kita untuk kembali kepada Tuhan. Ketika Anda menemukan virus dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya, Anda tidak akan hanya membiarkannya saja. Anda mengisolasinya, menghapus berkas yang terinfeksi, atau memformat ulang hard-drive Anda. Memusatkan kembali kehidupan kita pada Tuhan membutuhkan langkah-langkah aktif. Selangkah demi selangkah, Anda melakukan apa yang diperlukan untuk membuat perubahan sehingga Anda dapat kembali pada Tuhan. Hilangkan kebiasaan buruk Anda, carilah saudara-saudara seiman, perbaiki hubungan-hubungan kita atau buang segala sesuatu yang membuat Anda jauh dari hidup bersama Tuhan.

Pertanyaan untuk Renungan:

Kapan terakhir kali Anda menyelidiki diri dan memeriksa hidup Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: