Berubahnya Hati

oleh: Pdt. Filipus Toni Antonius

2 Samuel 3

 

Dalam pasal kali ini kita melihat betapa mudahnya hati seseorang berubah sikap. Dimulai dari Isyboset yang menuduh Abner menghampiri Rizpa, gundik dari ayahnya (ayat 7) yang mungkin terjadi karena hasutan dari pihak-pihak tertentu yang kuatir melihat betapa Abner semakin lama memiliki pengaruh yang semakin kuat di antara keluarga Saul. Akibat tuduhan itu, Abner yang selama ini membela keluarga Saul kemudian berubah hati berniat untuk mengadakan perjanjian dengan Daud. Perubahan yang ketiga terjadi pada Yoab yang mau membalas dendam karena Abner telah membunuh Asael, adiknya (2 Sam. 2:23). Yoab sebagai seorang panglima perang seharusnya mengerti bahwa Abner membunuh Asael dalam peperangan, bukan karena dendam pribadi dan Abner pada saat itu ada untuk mengadakan perundingan perdamaian antara Daud dengan keluarga Saul (ayat 22-27).

Hati manusia mudah berubah tergantung pada kondisi yang dialaminya. Isyboset yang tadinya percaya pada Abner menjadi menuduh Abner. Abner yang tadinya setia kepada keluarga Saul akhirnya berbalik hendak mengadakan kesepakatan dengan Daud karena telah dituduh. Yoab yang merupakan pemimpin pasukan membunuh Abner karena kepentingan pribadi yaitu untuk membalas dendam.

Dari peristiwa ini kita belajar, betapa mudahnya seseorang untuk mengalami perubah hati. Ketika merasa dikhianati, merasa tidak dipercayai, dan masih banyak lagi alasan seseorang mengubah keputusannya. Saya teringat dengan sebuah perkataan dalam Alkitab yang mengatakan: “Jangan berharap pada manusia, sebab ia tidak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?” (Yes. 2:22); dan “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.” (Ibr. 13:8).

Manusia bisa dengan mudah berubah sesuai dengan suasana hati tapi Tuhan Yesus Kristus tidak pernah berubah. Bersandarlah pada Tuhan, jangan pada manusia maka kita tidak akan pernah kecewa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: