Tersembunyi dalam Kristus

diterjemahkan dari: Hidden in Christ oleh SycamoreFruit (http://ia.tjc.org/elibrary/ContentDetail.aspx?ItemID=28509&langid=1)

Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
Kolose 3:3

Bagaimana kita dapat membiarkan orang lain melihat Kristus dalam kita?

Sebagai manusia, kita membutuhkan perhatian. Seperti sebuah pelabuhan di mana kita dapat melipur kesendirian dan menumbuhkan harga diri. Itulah mengapa orang-orang menghabiskan seluruh hidup mereka untuk membuktikan diri pada orang lain. Kita berpakaian, bertingkah, dan berbicara dengan cara-cara tertentu agar terkesan pintar, berhasil, atau bahkan seperti tuhan. Bahayanya, pengejaran ini ditujukan untuk mengagungkan diri kita sendiri, bukan Tuhan.

Menyangkal diri adalah salah satu dari bagian paling sulit dalam menjadi Kristen — karena seperti mematikan seseorang yang sangat Anda cintai. Dalam melakukannya, kita menyangkal hal-hal yang mendefinisikan siapa kita. Kebanyakan dari kita tidak mau melakukan pengorbanan ini karena kita merasa akan kehilangan banyak, padahal kenyataannya, kita mendapatkan segalanya.

Ketika Kristus tinggal di dalam kita, banyak orang tak menyadarinya dan mungkin inilah yang mengecewakan kita. Banyak yang tidak melihat kesabaran yang kita berikan untuk mengasihi keluarga, kesungguhan kita dalam mengerjakan tugas, atau keindahan yang kita dapatkan dari roh yang lemah lembut dan tenang — tetapi ketidaktahuan mereka tak perlu dipermasalahkan.

Mari kita bersuka oleh bagaimana Tuhan melihat kita sehingga kita dapat membangun pelabuhan harga diri di dalam Yesus Kristus. Ketika kita berhenti mencari perhatian dari orang lain dan mempermasalahkan apa yang dilihat mereka, kita hanya perlu menunggu waktu Tuhan sampai seluruh dunia melihat Kristus di dalam kita.

Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.
Kolose 3:4

Pertanyaan untuk renungan

  1. Apakah kita mencari perhatian dari orang lain?
  2.  Apakah keputusan yang kita buat memuliakan Tuhan atau diri kita sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: