Merasa tak berharga

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam?fref=ts

Oleh: Pdt. Silas

Diceritakan seorang anak muda tampak lesu duduk di sebuah komplek pekuburan umum. Dari wajahnya tidak tampak kemudaannya. Garis-garis atau kerut diwajah membuatnya tampak tua, jauh dari usia sebenarnya. Seorang kakek menghampiri dan bertanya apa yang menjadi beban hidupnya. Si pemuda mengeluhkan atas nasibnya yang tak kunjung membaik. Dari kecil sampai dewasa hidup di bawah garis kemiskinan, bahkan untuk bisa makan saja harus bejuang dengan keras.

Namun si kakek hanya menepuk pundak si pemuda dan berkata, ”Kamu sebenarnya kaya, nak.”

Anak muda tersebut kaget dan bertanya artinya.

Si kakek kembali berkata, “Nak, bolehkah aku beli tangan kananmu seharga 100 juta rupiah?”

“Tentu saja tidak,” jawab si pemuda.

Lalu si kakek berkata lagi, “Kalau begitu bagaimana kalau 500 juta untuk kedua tanganmu, kanan dan kiri?”

Si pemuda pun berkata tidak.

“Kalau begitu bagaimana jika 2 milyar untuk kedua tangan dan kakimu?”

Si pemuda itu tetap berkata tidak.

Dan terakhir si kakek berkata, “Jika begitu, benar bahwa kamu sebenarnya kaya…nak, pergunakanlah asset berharga yang ada pada dirimu.”

Saudaraku, cerita ini terinspirasi dari sebuah cerita kuno dari Tiongkok, namun pesan ceritanya senada dengan apa yang Tuhan mau dan ajarkan kepada umatNya. Manusia adalah mahluk yang paling mulia dari segala ciptaanNya, bahkan sebenarnya manusia diciptakan Tuhan untuk bisa menguasai dan mengolah seluruh sumber daya alam yang sudah Tuhan sediakan. Seharusnya setiap manusia mempunyai kesempatan yang sama untuk bisa berhasil dalam hidupnya, asalkan mau menggunakan asset berharga yang sudah Tuhan beri: tangan, kaki, mata, telinga, otak untuk berpikir dan kesempatan hidup.

“ Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia, laki-laki dan perempuan diciptakan-NYa mereka “
Kejadian 1:27

One Response to Merasa tak berharga

  1. Muris Litai says:

    Setiap kita yng lahir ke dunia ini sudah siap di beri segala kelenkapan hidup oleh yng maha isa ya itu Tuhan yesus kristus cuma kita yng tak dapat nampak semua kekayaan itu… oleh kerena mata kita sudah di tutup oleh dosa yng di wariskan oleh si chemburu itu ia itu saitan kita sudah di kalahkan… Setiap menusia yng tidak nampak hikmat yng dtng dari tuhan selagi itulah dia anggap dirinya miskin… Setiap orang2 percaya sudah nampak kekayaan yng Tuhan sudah bagi dgn kita cuma2 tanpa bayaran… itulah kasih Tuhan kita yesus Amen…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: