Si Kancil “bukan” anak nakal

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam?fref=ts

Oleh: Pdt. Silas

Hampir dari seluruh lapisan masyarakat dari yang tua sampai anak kecil mengenal lagu Si Kancil Anak Nakal. Lagu yang terinspirasi dari dongeng rakyat ini dibuat oleh penciptanya tentu dengan tujuan baik, yaitu untuk mendidik supaya anak-anak jangan jadi anak nakal dan suka mencuri. Sebab jika mencuri akan ditangkap, dipenjara dan tak ada ampun.

Si kancil anak nakal
Suka mencuri ketimun
Ayo lekas di tangkap
Jangan diberi ampun

Akan tetapi dari tujuan yang baik tersebut mengandung ketidakbenaran. Beberapa peneliti mengatakan, kancil yang dalam bahasa latin disebut Tragulus javanicus, merupakan hewan ruminansia (pemamah biak) terkecil diantara binatang ruminansia lainnya. Adalah bukan pemakan ketimun, tapi memakan pucuk daun (terutama yang berair), buah-buahan yang jatuh dari pohon, rumput dan akar. Sedangkan di kebun binatang, kancil biasanya diberikan makanan seperti irisan kangkung, kacang panjang, wortel, bengkoang, ubi, selada, jagung muda, terong serta buah-buahan dan ketimun kurang disukainya (sumber: Genetika21’s weblog).

Saudaraku, kita renungkan sisi kesalahan ini sebagai pengajaran. Kasihan si kancil sudah dituduh nakal. Padahal dia hanya cerdik dan lincah. Dituduh mencuri ketimun, padahal dia tidak doyan ketimun dan punya sifat pemalu dan penakut. Harus lekas ditangkap dan tak ada ampun berarti tidak bisa memberi pembelaan. Dengan kata lain si kancil adalah korban fitnah dan jadi tertuduh sepanjang masa. Apakah kita juga akan melakukan yang sama terhadap lawan bisnis, rekan kerja, kelompok masyarakat tertentu? Mari kita belajar untuk tidak lagi menyebar kabar bohong.

“ Janganlah engkau pergi kian ke mari menyebarkan fitnah di antara orang-orang sebangsamu; janganlah engkau mengancam hidup sesamamu manusia; Akulah TUHAN.”
Imamat 19:16

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: