Sekilas kopi

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam?fref=ts

Oleh: Pdt. Silas

Menurut catatan sejarah kopi ditemukan sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali oleh Bangsa Etiopia di Benua Afrika sekitar 3000 tahun yang lalu (tahun 1000 SM). Kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, jika diminium dengan cara dan ukuran yang benar konon kopi juga dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit. Misalnya kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). Sebelum dapat diminum, harus melalui proses panjang. Dari pemanenan biji kopi yang telah matang, kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya, penyangraian dengan tingkat suhu yang bervariasi. Lalu biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi diseduh air panas dan diminum (sumber:Wikipedia)

Saudaraku, biji kopi itu wangi. Saat menjadi bubuk kopi semakin wangi dan saat diseduh dengan air panas semakin menjadi wangi. Aroma khasnya menyebar dan tercium di seluruh ruangan bahkan bisa sampai d iluar ruangan sehingga orang akan tahu ditempat tersebut ada yang sedang menyeduh kopi. Hal tersebut bisa menjadi satu gambaran perjalanan iman. Kita ditanam, dipanen, dipilih, diproses dalam waktu tertentu, diuji dan hasilnya macam-macam. Ada yang tidak harum, cukup harum, harum dan sangat harum. Mari kita sebarkan aroma keharuman Kristus dimana saja kita berada, supaya semua tahu bahwa kita muridNya.

“ Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan erantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.”
2 Korintus 2:14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: