Hoarding

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam

Oleh: Pdt. Silas

Kebiasaan menimbun sampah atau barang-barang tidak berguna, seperti seperti koran bekas, kemasan plastik, botol minuman, dan benda-benda enggak penting lainnya seringkali disebut “Hoarding”. Pelakunya disebut hoarder. Hoarding ini termasuk ke dalam sejenis penyakit mental yang disebut Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Meski terlihat sepele, faktanya penyakit ini sulit dihilangkan. Meski sudah dibersihkan dan barang-barangnya sudah dibuang, lama-lama penimbun akan mulai lagi menumpuk benda-benda enggak berguna ini, hoarding, atau Compulsive Hoarding Disorder (CHD) bisa berkembang hingga membahayakan diri dan orang lain. (sumber dari: kawankumagz.com)

Saudaraku, biasanya di tahun baru tidak jauh dari dari hal hal baru, baju baru, sepatu baru, suasana baru. Namun dalam perenungan di Gereja, biasanya akan disinggung tentang manusia baru dan manusia lama. Hal ini berbicara lebih ke masalah sikap dan kebiasaan. Maka hal yang buruk dari manusia lama harus dibuang lalu mengenakan manusia baru dan melakukan hal hal yang baik. Bagi sebagian orang mungkin sangat sulit untuk membuang kebiasaan lama, membutuhkan proses yang lama untuk benar-benar bersih. Namun perlu diingat bahwa sampah yang tidak dibuang akan menimbulkan bau bahkan penyakit. Dalam hal rohani, ini bisa menodai keharuman nama Tuhan dan tentunya merugikan diri sendiri dan orang lain juga. Kiranya di tahun baru ini lebih bertekad lagi untuk membuang sampah rohani yang tertimbun dalam hidup kita, supaya terang dan keharuman Kristus semakin nampak.

“…Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya..”
( Kolose 3:5-10 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: