Kaca pembesar dan kaca cermin

 

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam?fref=ts

Oleh: Pdt. Silas

Menarik sekali saat memperhatikan dua jenis benda berbahan kaca ini.

Kaca pembesar/lup atau disebut juga suryakanta adalah sebuah lensa cembung yang berfungsi untuk memperbesar bayangan benda, sehingga kita bisa melihat benda-benda yang berukuran kecil. Lensa cembung pada lup memiliki sifat mengumpulkan cahaya/panas. Jadi saat kita mengarahkan lup ke sinar matahari, maka sinar dan panas matahari akan mengumpul di satu titik fokus lensa cembung tersebu dan panas yang terkumpul lama-lama mampu membakar kertas/daun kering.

Sedangkan cermin sebenarnya hanya terbuat dari kaca biasa yang akan meneruskan hampir seluruh cahaya yang diterimanya sehingga terlihat transparan di mata kita, tetapi di bagian belakang cermin diberi sebuah lapisan pemantul cahaya dari logam yang sangat tipis. Logam yang biasa digunakan adalah perak atau alumunium. Cermin mampu memantulkan objek sehingga kita bisa melihat bayangan dengan bentuk yang sama.

Saudaraku, analogi dua benda ini bisa kita pakai untuk menyelesaikan sebagian permasalahan yang kita hadapi dengan orang lain. Benda mana yang akan kita gunakan tentu hasilnya akan berbeda. Jika kita memakai “suryakanta” maka masalah kecil bisa menjadi besar. Bahkan bisa jadi nafsu amarah kita ikut berkobar terbakar. Tetapi jika kita memakai cermin, kemungkinan kita akan menyadari bahwa masalah yang muncul ternyata karena kita juga, dengan demikian kita sadar dan bisa introspeksi diri lalu berdamai. Jadi benda mana yang akan kita pakai?

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?
Matius 7:3-5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: