“ Ahhhh….dasar nakal..”

Sumber: https://www.facebook.com/truejesuschurch.batam

Oleh: Pdt. Silas

Di dalam ruang tunggu sebuah bandara terjadi satu kepanikan saat seorang anak kecil di sudut ruang tunggu menjerit dan menangis sekeras-kerasnya. Beberapa orang yang berada di dekatnya berlari ke arah anak kecil tersebut  untuk mengetahui apa yang terjadi. Ibu dari anak tersebut tampak ada di dekatnya dan sedang mengelus-elus bagian kening kepala anaknya sambil berkata, ”Gak apa-apa, nak… siapa yang nakal?” Lalu anak kecil tersebut menunjuk sebuah kursi di dekatnya. Sang Ibu segera menggendong anaknya dan menghampiri kursi tersebut lalu memukulnya beberapa kali sambil berkata, ”Ahhh dasar kursi nakal.”

Suatu hari ada anak kecil yang iseng menarik telinga seekor anjing. Maka anjing tersebut marah dan menggongong namun tidak menggigitnya. Lalu anak tersebut berlari melaporkan hal tersebut ke orang tuanya. Tak lama kemudian, ibunya datang sambil menggendong anak tersebut, menghampiri si anjing dan memukulnya sambil berkata, ”Ahhh dasar anjing nakal..”

Saudaraku, kedua peristiwa tersebut diatas menggambarkan kondisi dan sikap manusia. Pada umumnya saat terjadi masalah, kita jarang menyadari bahwa hal tersebut disebabkan kesalahan kita sendiri. Dari sejak Adam saat berdalih dengan Tuhan, sampai dengan kita sebagai orang tua yang tidak sadar beberapa sering melatih anak sejak kecil untuk menyalahkan benda, mahluk, manusia, supaya anaknya terhibur dan berhenti menangis. Maka tidak heran jika banyak orang bersikap selalu benar dan tidak pernah salah, kebenaran selalu tertuju pada dirinya kesalahan tertuju pada yang lain.

“ Manusia itu menjawab: perempuan yang Kau tempatkan disisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu, maka kumakan. Kemudian berfirmanlah Tuhan Allah kepada kepada perempuan itu: “ Apakah yang telah kau perbuat ini?” jawab perempuan itu:” ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan “
Kejadian 3:12-13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: